Sesi
live Instagram @kawanrama kali ini mengundang @yogie_bartholomaeus sebagai
rekan berbincang dengan topik pembahasan “Superkreativitas itu Lokalitas”. Diawali
dengan persepsi orang bahwa jogja itu hanya malioboro atau tugu saja, padahal
aslinya semua sudut jogja itu menarik, unik dan asik untuk ditelusuri.
Contohnya
adalah beberapa industry di Kawasan Bantul, disini terdapat berbagai industri
kreatif seperti tekstil, anyaman, gerabah, pangan, dan lain lain.
Banyak
yang menganggap bahwa Bantul itu “pinggiran”, namun tidak banyak yang tahu
bahwa yang mereka anggap pinggiran itu memiliki banyak sekali ruang kreatif
yang bisa dikembangkan dan memiliki potensi yang besar.
Disamping
itu, Bantul juga memiliki nilai jual yang tinggi di sektor budaya nya, karena
kekentalan budaya yang masih dijaga dan “diuri uri” oleh masyarakat Bantul sendiri.
Namun
untuk merealisasikan ekspektasi pemberdayaan atau pembrandingan tersebut
memiliki banyak kendala, salah satunya
mayoritas masyarakat yang nrimo ing pandum yang ada baiknya dan ada
buruknya juga.
Komentar
Posting Komentar