DESA WISATA KEMBANG BASEN


FUAD TAUFIQ
18107030107







PROPOSAL DESA WISATA KEMBANG BASEN
Latar Belakang
Desa Wisata Kembang Basen, terletak di Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Kotagede, tentu saja kata pertama yang terlintas adalah perak. Mayoritas masyarakat Kotagede umumnya bekerja sebagai pengrajin perak, hampir 60%. Terutama di Kampung Kembang Basen ini.
Lokasi pengrajin perak ada di hampir setiap sudut Kotagede, Yogyakarta. Mulai dari pasar Kotagede hingga Masjid Agung dan bekas Istana Mataram Islam. Kerajinan perak Kotagede merupakan budaya turun temurun yang pada awalnya berupa kerajinan emas, perak dan tembaga. Pada akhirnya, kerajinan peraklah yang berkembang.
Produksi kerajinan perak Kotagede sudah diekspor ke manca negara terutama Eropa. Barang-barang tersebut berupa benda-benda keperluan rumah tangga orang Eropa seperti tempat lilin, perabot makan dan minum, serta perhiasan gaya Eropa dengan motif tradisional Kotagede.
Seni kerajinan perak Kotagede muncul bersamaan dengan Kerajaan Mataram Islam pada abad ke-16. Pada masa pemerintahan Panembahan Senopati, abdi dalem kriya diperintahkan untuk membuat perhiasan dari emas dan perak. Kemudian di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono VIII, beliau sangat terpikat dengan keindahan kerajinan logam ini kemudian memerintahkan abdi dalem kriya untuk meneruskan dan mengembangkan seni kerajinan logam tersebut.
Analisis SWOT
1.      Kekuatan
·         Pengrajin perak yang sudah turun temurun dari zaman Kerajaan Mataram
·         Banyaknya varian yang diproduksi
·         Disepanjang jalan utama terjajar puluhan took perak yang sering dikunjungi wisatawan baik domestik maupun manca negara
2.      Kelemahan
·         Minimnya generasi penerus
3.      Peluang
·         Harga dari pengrajin terpaut jauh dengan harga took
·         Sudah terkenal dan familiar jika Kawasan Kotagede merupakan sentra kerajinan perak
4.      Ancaman
·         Banyaknya toko toko besar yang memiliki fasilitas lebih lengkap
Insight
Desa Wisata Kembang Basen ini selain dikenal dengan desa pengrajin perak, dikenal juga dengan desa ramah anak. Disamping itu, tidak hanya pengrajin perak saja, namun beberapa warga juga berprofesi sebagai tour guide yang membawa turis turis berjalan jalan di lingkup sentra kerajinan perak, hal ini biasa disebut Jelajah Pusaka Kotagede atau Kotagede Heritage Trail.
Positioning
Desa Wisata Kembang Basen yang sudah terkenal dengan citra sebagai sentra perak ini merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi bagi segala kalangan. Dengan segala hal yang disajikan dalam lingkup berbagai kerajinan seperti cincin, kalung, gelang, miniature, dan lain lainnya. Dengan beberapa sudut yang masih memakai bangunan kuno ini juga menjadi daya tarik wisatawan dan menjadi saksi bisu peradaban Kerajaan Mataram.
Semboyan
Ora Mingkuh!
Dalam falsafah jawa Ora mingkuh artinya, meskipun mengalami banyak kesukaran-kesukaran dalam hidup, namun selalu percaya kepada Tuhan Yang Maha Adil
Big Idea
·         Desa Wisata Kembang Basen ini cocok digunakan sebagai sarana Heritage Trail
·         Desa Wisata Kembang Basen in cocok digunakan sebagai study tour tentang kerajinan perak
·    Desa Wisata Kembang Basen ini cocok digunakan sebagai tempat pembuatan kerajinan dengan pengrajinnya yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya
Potensi Desa Wisata
·         Memiliki lebih dari 50 pengrajin perak yang sangat berpengalaman
·         Memiliki beberapa spot foto yang instagramable di beberapa bagian
·         Memiliki banyak ragam kerajinan yang diproduksi umum / made by request
·         Memiliki beberapa homestay yang berbentuk joglo, semuanya bernuansa jawa kuno
Permasalahan
·         Kurang adanya SDM pembaharu
·         Banyak pengrajin yang hanya setor ke toko, tidak dipasarkan sendiri
·         Bagian tour yang kurang terstruktur
Tujuan Desa Wisata
·         Meningkatkan perekonomian masyarakat setempat
·         Memperkenalkan kebudayaan lokal
·         Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya melestarikan budaya/adat istiadat
Segmentasi
·         Demografis keluarga   : segala usia, namun cenderung ke dewasa
·         Geografis                    : masyarakat kota, wisatawan lokal maupun luar negri
Sasaran
·         Anak anak
·         Remaja
Ø  Membantu promosi dengan kemampuan milenialnya yang serba bisa
Ø  Membuat inovasi promosi desa wisata ke khalayak umum
·         Masyarakat Desa Wisata Kembang Basen
Rencana kegiatan
·         Pembuatan akun sosial media dan website resmi paguyuban pengrajin perak
·         Penggiatan promosi di sektor kerajinan dan tour
·         Peningkatan kualitas SDM


Komentar